Menerapkan Artikel Instan Facebook pada Wordpress

09.09
Anda pengguna Wordpres? Sebaiknya untuk mencoba menerapkan artikel instan Facebook pada blog kamu, kamu harus pakai Wordpress, karena disini saya hanya akan membahasnya pada Wordpress saja tidak pada yang lain, walaupun yang lainnya juga bisa.

https://wordpress.org/plugins/fb-instant-articles/

Bagi kamu yang belum faham apa itu Wordpress, sebaiknya kamu belajar juga membuat website dari Wordpress, jangan dulu kesini, ini wordpress.org ya yang self-hosting, harus punya hosting sendiri. Bagi yang sudah faham dan terbiasa pakai wordpress bisa kita lanjutkan.

Caranya bisa kamu donlot dulu plug in melalui link di atas, atau melalui menu plug in > tambah baru > search dengan kata kunci ‘Instant Articles for WP’ > lalu install dan aktifkan deh.
Klik dulu tanda panah nomor 1, kemudian pilih salah satu Fanspage yang akan kamu pakai untuk Artikel Instan website kamu, jangan lupa, sebelum kami klik tombol “AKSES ALAT ARTIKEL INSTAN”, centang dulu kolom “Dengan melanjutkan, Anda menyetujui Instant Articles Terms.”

Copy dulu ID Halaman kamu kemudian kamu kembali ke dasbor wordpress kamu di menu artikel instan, masukin ID halaman kamu di plugin wordpress kamu untuk mengklaim Fanspage kamu supaya konek sama website kamu.

Abis gitu SAVE DULU setingan di plugin artikel instan kamu lalu kembali ke ALAT PENERBITAN fanspage kamu, masukin url website kamu kemudian klik KLAIM URL.

Jika website kamu berhasil di klaim, artinya sudah konek antara Artikel Instan di Fanspage kamu dengan website kamu maka akan muncul seperti gambar di atas.

Sekarang bagaimana kita menyiapkan umpan RSS Artikel Instan, hal ini penting karena kita kan hanya posting artikel di website, nanti melalui umpan RSS ini yang sudah di setting, artikel dalam 
website kita akan secara otomatis tampil atau muncul di artikel instan Fanspage kamu. Jadi otomatis gitu, kamu cukup update postingan artikel di web, lalu kamu share aja link website itunya di akun facebook manapun, akan secara otomatis, jika link website kamu di buka di aplikasi facebook android/iOS akan tampil versi artikel instannya.
Untuk alamat umpan RSSnya secara defaul berada di alamat url ini => http://www.namawebkamu/feed/instant-articles masukin saja lalu simpan ya.
Masih di dasbor Fanspage Artikel Instan kamu, scroll kebawah, ada ‘GAYA’, klik oleh kamu, klik yang ‘DEFAULT'

Nah ini yang wajib, kamu harus masukin logo website kamu dengan ukuran yang sudah disesuaikan, jika tidak, kamu gak bakalan di approve.
Sampai sini sebetulnya sudah selesai, tinggal kamu nunggu peninjauan dari pihak Facebook, apakah artikel instan kamu di aprove apa tidak.

1 Response to "Menerapkan Artikel Instan Facebook pada Wordpress"

  1. Instant articles membenarkan 3 related articles / related post di bahagian footer. Tetapi dalam IA saya hanya ada satu atau kadang-kadang tiada. Sesetengah web lain ada lebih daripada 10 related articles nya. Bagaimana settingnya ya. Terima kasih.

    BalasHapus