Jadikan Facebook Ladang Uang dengan FB instant Articles

07.08

Kenapa Harus Facebook?
Kenapa coba? Selama ini kita mengenal Facebook sebagai media sosial terbesar, banyak orang berinteraksi disitu. Tentunya ini menjadi lahan pasar yang menjanjikan, terlebih Facebook menyajikan profile selengkap mungkin tentang penggunanya disitu. Artinya ketika orang mau beriklan di Facebook akan sangat benar-benar tertarget sesuai dengan keinginan pengiklan target audiencenya.

Banyak online shop Indonesia yang menggunakan layanan iklan berbayar di Facebook, mereka telah sukses menargetkan pasar mereka di Facebook. Konsumen berdatangan, hingga omzet pun terus berlipat ganda.

Pengalaman saya pribadi, saja jualan kaos hanya mengandalkan iklan Facebook untuk media pemasaran produk saya. Pangsa pasar di Facebook benar-benar tertarget sesuai dengan keinginan saya, alhasil dampaknya sangat luar biasa terhadap penjualan produk saya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, Facebook terus memperbarui layanan dan produk-produknya, hingga kini Facebook juga telah membuat terobosan baru layaknya Google Adsense. Bekerja sama dengan publisher di seluruh dunia, Facebook menerbitkan produk berupa ‘Audience Network’ atau kita kenal sebagai Adsensenya Facebook.

Jadi rekan-rekan, selain bayar iklan ke Facebook, saat ini rekan-rekan juga bisa dapet uang dari Facebook, caranya dengan menjadi mitra publisher bagi iklan-iklan yang diterima oleh Facebook.
Kalau kita biacara Google Adsense kan, orang bayar iklan ke Adsense, terus iklannya muncul di Web kita yang kita pasang script adsensenya, Facebook pun sekarang demikian. Kalau Google, iklannya bisa muncul di video youtube, website, aplikasi android. Facebook pun bisa muncul iklannya di website kita, aplikasi, dan juga Artikel Instan Facebook.

Jadi kebayang kan sekarang, bagaimana kita bisa dapet duit dari Facebook? Yaitu jadi Publisher, penayang iklan dari Facebook. Nah kalau saya pernah nyoba pakai Artikel Instan Facebook untuk nayakin iklannya. Jadi ketika iklan Facebook itu tayang di website Artikel Instan saya, saya dibayar oleh Facebook.

Seperti kamu mau ngiklan ke radio/koran/tv, kamu bayar iklan kan ke radio/koran/tv nya? Nah ibaratnya kita yang punya radio/koran/tv nya. Namun disini Facebook sebagai orang ketiga, orang bayar  iklan ke Facebook, gak ke kita langsung, nanti iklan itu akan muncul di media website yang kita punya. Faham kan? Jadi kita digajinya oleh Facebook. Tokopedia juga kan gitu, orang mau beli barang ke kita, tapi belinya ke Tokopedia dulu gak langsung ke kita. Nah Facebook juga sama sebagai perantaranya untuk pasang iklan di media yang kita punya.

Apa itu Artikel Instan Facebook
Ada yang udah tahu? Dikutip dari halaman resmi Facebooknya, Artikel Instan adalah format penerbitan seluler yang memungkinkan penerbit berita menyebarkan artikel ke aplikasi Facebook yang dimuat dan ditampilkan 10 kali lebih cepat daripada web seluler standar.

Nah kamu kan suka Facebookan tuh di smartphone, baik di Android maupun iOS, ada aplikasi Facebooknya kan yang kamu pasang dari Play Store kalau android. Nah, ketika kamu Facebookan di aplikasi itu, bukan di web browser, kamu pasti pernah nemu suatu link website di salah satu teman Facebook kamu.

Terus coba kamu klik, biasanya kan loading agak lama tuh untuk membuka link websitenya, kadang harus dibuka di browser lain seperti chrome/firefox/dll. Kalau website itu dipasang artikel instannya pasti gak bakalan loading lama. Cukup klik tautannya, artikelnya sudah langsung muncul dengan sangat cepat. Jadi gak seperti kaya kita buka website, tapi masih tetep saja di aplikasi itu muncul artikelnya. Tampilannya pun menyesuaikan, bukan kaya tampilan ketika website kamu di buka di browser.

Website yang sudah dipasang Artikel Instan Facebook ditandai dengan gambar petir kecil dalam link postingannya.

Dengan adanya artikel instan ini, tentunya sangat memanjakan para pengguna Facebook ketika ingin membaca suatu artikel dalam website. Terbukti ketika website saya dipasang artikel instan, pengunjungnya jadi lebih banyak, karena mereka ketika nemu link website saya tidak perlu nunggu lama dan gak perlu beralih membuka browser yang lain untuk melihat artikel dalam website saya. Dan untuk menerapkan artikel instan kedalam website kamu, jika kamu pengguna wordpres hanya butuh menginstall satu plug in saja.

Cara kerja plugin Wordpress itu hanya untuk mengkonverter yang tadinya artikel di dalam website kamu jadi secara otomatis sudah dibuatkan versi artikel instannya dengan mencomot semacam RSS Feed gitu.

ORIGINALPOST by : Om Mamat. :D

2 Responses to "Jadikan Facebook Ladang Uang dengan FB instant Articles"